Ejakulasi dini apakah bisa disembuhkan? bisa punya anak?

Apakah ejakulasi dini bisa sembuh? Apakah penderita ejakulasi dini bisa punya anak? Apakah ejakulasi dini berbahaya?

Ada sejumlah problem seksual pada pria, seperti impotensi, ejakulasi dini, dan kurang bergairah. Pada bahasan kali ini, saya coba bahas salah satunya, yaitu ejakulasi dini (ED), atau bahasa Inggrisnya premature ejaculation.

Ketika berhubungan seks dengan istri, salah satu masalah yang dapat terjadi adalah suami orgasme terlalu cepat, sehingga istri belum klimaks, tapi suami sudah selesai. Padahal dalam hubungan suami istri, istri juga berhak untuk mendapatkan kepuasan. Lalu kalau istri masih belum dapet orgasme, sedangkan suami sudah merasa puas, ini bisa berakibat pada keharmonisan rumah tangga.

Kondisi di mana pria mengalami orgasme terlalu cepat saat berhubungan seks disebut ejakulasi dini. Tanda pria mengalami orgasme adalah berupa keluarnya sperma dari saluran kencing. Lalu apa sih yang menyebabkan pria mengalami ejakulasi dini?

Adapun penyebab timbulnya ejakulasi dini tak pasti. Ada berbagai teori, termasuk karena sewaktu remaja sering melakukan masturbasi terlalu cepat, agresivitas pasif, konflik oidipal, demam panggung, dan kurang berpengalaman. Tapi, itu bukan penyebab yang pasti. Maksudnya sekedar teori.
(referensi: https://id.wikipedia.org/wiki/Ejakulasi_dini)

Pertanyaan Tentang Ejakulasi Dini (ED)

1. Apakah penderita ejakulasi dini bisa punya anak?
Ejakulasi dini adalah kondisi penis pria mengalami orgasme yang terlalu cepat saat berhubungan intim. Ini tidak mengarah ke kualitas sperma. Sedangkan salah satu faktor suksesnya kehamilan adalah kualitas sperma. Kalau sperma subur, kalau si pria itu subur dan wanita juga subur, ejakulasi dini atau tidak, asalkan sel sperma dapat mencapai sel telur wanita, kehamilan dapat terjadi.

2. Apakah ejakulasi dini bisa disembuhkan?
Bisa. Ejakulasi dini bisa juga dicegah dengan mengoleskan bius lokal pada penis. Dengan ini, penis jadi kurang sensitif, sehingga tidak mudah orgasme. Ada banyak produk yang punya efek seperti ini, dan dijual bebas di pasaran.

3. Apakah ejakulasi dini menyebabkan susah hamil?
Lihat jawaban pertanyaan nomor satu. Tapi, kalau ejakulasi dininya parah, belum apa-apa udah ejakulasi, sehingga sperma tidak mencapai sel telur pasangan, ini merepotkan bagi yang pengen istrinya hamil.

4. Berapa lama waktu berhubungan seks sehingga pria bisa dikatakan ejakulasi dini?
Memang lama tidaknya itu relatif. menurut John Wincze, seorang profesor perilaku manusia di Brown University, pada umumnya predikat ejakulasi dini dierikan pada pria yang mengalami ejakulasi kurang dari satu menit sesudah melakukan penetrasi (bukan termasuk foreplay/pemanasan).

Durasi hubungan intim antara 1-10 menit dianggap normal. Namun, menurut para konsultan, waktu hubungan intim 1-2 menit terlalu singkat, sedangkan 10-30 menit terlalu lama. Adapun lama hubungan seks terbaik menurut para ahli adalah 7-13 menit. (referensi: https://lifestyle.kompas.com/read/2017/04/24/070000720/berapa.lama.kita.seharusnya.tahan.dalam.bercinta.)

Demikian sedikit pembahasan tentang ejakulasi dini. Sebenarnya pembahasan ejakulasi dini dini bisa lebih panjang lagi. Namun, untuk artikel kali ini, segini aja ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat