Benarkah Hajar Jahanam dibuat dari racun kodok?

Apakah benar hajar jahanam dibuat dari racun kodok? Bukannya itu dibuat dari getah pohon ya? Memang banyak disebutkan kalau hajar jahanam dibuat dari getah suatu pohon, entah pohon apa, yang katanya tumbuhnya di Mesir. Namun, salah website jualan hajar jahanam menyatakan bahwa hajar jahanam dibuat dari racun kodok. Serius?

Situs tersebut (hajarjahanam.com) adalah situs yang dulunya mempromosikan hajar jahanam. Bahkan alamat webnya juga jelas bahwa web tersebut tentang hajar jahanam. Namun, mulai 1 Februari 2018, tidak lagi jualan hajar jahanam, karena anggapan bahwa hajar jahanam dibuat dari racun kodok.

Di web tersebut disebutkan bahwa hajar jahanam itu bukan dari Mesir, melainkan dari China. Dasarnya adalah sebuah publikasi jurnal ilmiah di salah satu web yang menyebutkan bahwa Jamaican Stone dibuat dari racun kodok. Lho kok jadi Jamaican Stone? Link jurnal: https://www.researchgate.net/publication/310241033_On_the_probable_composition_of_’Jamaican_stone’_aphrodisiac

Berdasarkan jurnal tersebut, jamaican stone juga mengacu pada piedra china, love stone, china rock, atau black stone (yang merupakan nama lain dari hajar jahanam). Bahkan pada jurnal itu disebutkan pula Uncaria gambir, yang merupakan nama latin dari gambir serawak.

Intinya, dalam jurnal tersebut disebutkan bahwa produk kejantanan yang berbentuk seperti batu, macam hajar jahanam dan sejenisnya mengandung komposisi berupa racun kodok. Namun, tidak disebutkan bahwa yang diteliti adalah hajar jahanam.

Hajar jahanam disebut-sebut dibuat dari getah suatu pohon, namun tidak disebutkan nama pohonnya. Bahkan di kemasan hajar jahanam, tidak disebutkan informasi produk tersebut dari pohon apa.

Saya belum memiliki sumber yang valid kalau jamaican stone itu sama dengan hajar jahanam atau tidak. Sulit mencari referensi dari situs luar tentang hajar jahanam, begitu ketik hajar jahanam di Google, yang muncul banyak web berbahasa Indonesia. Katanya hajar jahanam disebut juga black stone. Tapi, jamaican stone juga dikenal dengan black stone. Nah lo, jadi bingung kan?

Lalu apa sih kandungan hajar jahanam? Hajar jahanam bukanlah produk yang baru-baru ini muncul, melainkan sudah lama. Disebutkan bahwa bahan aktif hajar jahanam adalah silver nitrat, yang merupakan senyawa kimia yang bisa didapatkan dari alam maupun dengan cara sintesis. Senyawa kimia ini dapat menimbulkan efek anastesi (bius). (referensi: https://www.slideshare.net/rashahaddad923/hajar-jahannam)

Tak heran jika setelah mengoleskan hajar jahanam ke penis, penis menjadi bebal / baal, seperti kena efek obat bius. Jaadi, mengoleskan hajar jahanam ke penis seperti memberikan obat bius ke penis. Ini memang cara kerjanya, bahkan produk sejenis pun begitu. Jadi, kalau ada penjual produk hajar jahanam atau semacanya mengklaim produk yang dijualnya tidak bikin bebal / baal, jangan gampang percaya.

Namun, tetap saja, tidak disebutkan hajar jahanam berasal dari getah pohon apa.

Bagi Anda yang punya sanggahan, masukan, maupun informasi berkaitan dengan hajar jahanam, silakan submit di kolom komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *